xmlns:fb='http://www.facebook.com/2008/fbml' Pesepakbola Menolak Piala Eropa U-21 Digelar di Israel | Muchlas Jackson

Pages

Pencarian

Desember 01, 2012

Pesepakbola Menolak Piala Eropa U-21 Digelar di Israel



 
Hidayatullah.com—Puluhan pesepakbola terkemuka telah menandatangani pernyataan menentang keputusan UEFA yang akan menggelar pertandingan piala Eropa di bawah usia 21 di Israel tahun depan, terkait tindakan militer yang dilancarkan negara Zionis itu atas Jalur Gaza.

Enam puluh dua pemain sepakbola, termasuk di antaranya Eden Hazard (Chelsea), Abou Diaby (Arsenal) dan Jeremy Menez (Paris Saint-Germain), mengatakan bahwa menjadikan Israel sebagai tuan rumah akan dipandang sebagai “penghargaan atas tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai sportivitas.”

Pernyataan protes para pesepakbola dunia itu diangkat ke publik oleh sejumlah kelompok pro-Palestina di Inggris, Prancis dan Israel. Namun, pernyataan berjudul “Pesepakbola Eropa Menyatakan Dukungan untuk Palestina” itu tidak ikut ditandatangani oleh para atlet yang akan bertanding di Israel pada bulan Juni tahun depan.

“Kami, sebagai para pemain sepakbola Eropa,
menyatakan solidaritas kepada rakyat Gaza yang hidup dibawah kungkungan dan tidak mendapatkan hak-hak dasar manusia dan kebebasan,” kata pesepakbola itu dalam pernyataannya, yang juga dmuat di situs pribadi mantan penyerang Tottenham dan Sevilla Frederic Kanoute, lapor Associated Press (1/12/2012).

Penarikan undian turnamen duatahunan UEFA itu selesai digelar hari Rabu kemarin di Tel Aviv. Menurut Presiden UEFA Michael Platini tidak ada ancaman keamanan terkait delapan tim yang akan bertanding dalam turnamen yang digelar 5-18 Juni 2013 di Tel Aviv, Netanya dan Petach Tikva itu.

Kanoute adalah salah satu pesepakbola terkemuka yang ikut berjuang agar Israel dihapus dari daftar calon tuan rumah turnamen tersebut. Namun, Platini menulis surat kepada Asosiasi Sepakbola Israel pada bulan Juni lalu bahwa negara Yahudi itu memiliki hak untuk menjadi tuan rumah kompetisi lewat pemungutan suara demokratis.
UEFA, hari Jumat (30/12/2012) menolak berkomentar mengenai pernyataan protes yang ditandangani para pesebakbola Eropa itu, tulis AP.*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Translate This Site

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blogger templates